PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 TEGALAMPEL BONDOWOSO

 

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Metode Penelitian Kuantitatif

Dosen Pembimbing:

 

Dr. H. Mundir, M.Pd

PROPOSAL

Description: Description: C:\Users\windows 8\Documents\LOGO_IAIN_Jember.jpg

 

 

 

 

Oleh:

 

Shinta Yuliantari

NIM: T20176003

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER

JUNI 2020

KATA PENGANTAR

ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$#

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW., sebagai pembawa kabar gembira bagi umat yang bertaqwa.

Proposal yang berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM  Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso” disusun dalam rangka guna memenuhi tugas Metode Penelitian Kuantitatif. Dalam pembuatan proposal ini, penulis mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1.    Bapak Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. selaku Rektor di IAIN Jember.

2.    Ibu Dr. Hj. Mukniah, M.Pd.I, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

3.    Bapak As’ari, M.Pd.I selaku Ketua Progam Studi Tadris Bahasa Inggris.

4.    Bapak Dr. H. Mundir, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Metode Penelitian Kuanitatif.

 

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan proposal ini masih belum sempurna dan banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat penulis harapkan. Semoga proposal ini dapat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Jember,  10 Juni 2020

 

Penulis

 

DAFTAR ISI

SAMPUL ................................................................................................................ i

DAFTAR ISI.................. ....................................................................................... ii

A.    Judul Penelitian ......................................................................................... 1

B.     Latar Belakang Masalah................................................................................. 1

C.     Rumusan Masalah......................................................................................... 3

D.    Tujuan Penelitian.......... ............................................................................. 3

E.     Manfat Penelitian.............. ........................................................................ 3

F.      Ruang Lingkup Penelitian

1.      Variabel Penelitian .............................................................................. 5

2.      Indikator Variabel................................................................................ 8

G.    Definisi Oprasional.....................................................................................

H.    Kajian Kepustakaan..................................................................................

1.      Penelitian Terdahulu........................................................................

2.      Kajian Teori....................................................................................

I.       Asumsi Penelitian....................................................................................

J.       Hipotesis

K.    Metode penelitian

1.      Pendekatan dan Jenis Penelitian ....................................................... 18

2.      Populasi dan Sampel ........................................................................ 19

3.      Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data.......................................... 19

4.      Analisis Data ..................................................................................... 19

L.     Daftar Pustaka ........................................................................................... 2


 

 

 

BAB I

 

A.    Judul Penelitian

“Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM  Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso”

B.     Latar Belakang

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia untuk meningkatkan kualitas dirinya, baik secara personal ataupun secara kolektif. Pendidikan adalah suatu upaya manusia untuk mememanusiakan dirinya membedakannya dengan makhluk yang lain.[1]

Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 meneybutkan bahwa:

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencanan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdaan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.[2]

 

Strategi pembelajaran adalah salah satu cara yang akan digunakan guru dalam proses pembelajaran. Pemilihan strategi tersebut dapat dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik dari siswa. Dengan adanya strategi pembelajaran akan mempermudah guru dalam proses pembelajaran.[3] Strategi yang sering digunakan lebih cenderung kepada pembahasan teori sehingga siswa merasa bosan. Jadi Strategi PAIKEM merupakan salah satu strategi yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris. Pengaruh dari strategi pembelajaran paikem siswa bisa lebih aktif sehingga bisa menciptakan suasana belajar yang kondusif dan pembelajaran yang digunakan lebih menarik dan menyenangkan.

Dari latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dalam bentuk proposal dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Paikem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris” Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

C.    Rumusan Masalah

1.      Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran PAIKEM Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso?

2.      Bagaimana Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso?

3.      Apakah Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso?

D.    Tujuan Penelitian

1.      Untuk Mendeskripsikan Penerapan strategi PAIKEM dalam proses belajar mengajar Bahasa Inggris terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

2.      Untuk Mendeskripsikan Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

3.      Untuk Mendeskripsikan Ada tidaknya Pengaruh strategi pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

E.  Manfat Penelitian

Manfat Teoritis

·         Hasil dari penelitian ini dapat menjadi landasan dalam pengembangan metode pembelajaran atau penerapan metode pembelajaran secara lebih lanjut. Selain itu juga menjadi sebuah nilai tambah khasanah pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Manfaat Praktis

1.    Bagi siswa, hasil penelitian diharapkan dapat  meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas VIII SMPN 01 Tegal Ampel Bondowoso.

2.    Bagi guru, dapat mengetahui pengaruh strategi pembelajaran.

3.    Bagi sekolah, hasil dari penelitian strategi pembelajaran PAIKEM, ini memberikan referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.

4.    Bagi peneliti, peneliti mampu menerapkan teori Pembelajran PAIKEM. Serta peneliti mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan metode pembelajaran.

F. Ruang Lingkup Penelitian.

1.      Variabel Penelitian

Metode pembelajaran PAIKEM (X)

Hasil Belajar (Y)

2.      Indikator Variabel

X : cara pembelajaran, ketersediaan guru dan ruang kelas

Y : Sukmadinta (2007:102) mengatakan hasil belajar merupakan realisai atau pemekaran dari kecakapan- kecakapan potensial kapasitas yang dimiliki seseorang.

G. Definisi Oprasional.

Menurut Sugiyono (2016:2) metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk .mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian verifikatif . metode penelitian verifikatif adalah  penelitian yang bertujuan mngetahui hubungan antar dua variabel.

H. Kajian Kepustakaan

1)      Penelitian Terdahulu

            Penelitian tentang model pembelajaran PAIKEM Gembrot sebelumnya pernah dilakukan oleh Prasetyo mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang 2011, dengan judul: Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot di Kelas IV SD Negeri Tanggung 1 Kota Blitar.

2)      Kajian Teori

Secara umum strategi mempunyai pengertian sebagai suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai sasaran. Strategi pembelajaran merupakan suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis.[4] PAIKEM berasal dari konsep bahwa pembelajaran harus berpusat pada anak dan pembelajaran harus bersifat menyenangkan dan mereka termotivasi untuk terus belajar sendiri tanpa diperintah dan agar mereka tidak merasa terbebani atau takut di samping upaya untuk terus memotivasi anak agar anak mengadakan eksplorasi, kreasi, dan bereksperimen terus dalam pembelajaran.[5]

I. Asumsi Penelitian

                Peneliti ber asumsi bahwa metode paikem  berkaitan dengan hasil belajar siswa. menyenangkan karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Hasil belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna. Mengembangkan keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.

J. Hipotesis Penelitian

Hipotesis dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian, belum tentu jawaban yang empiris.[6] Berkenaan dengan masalah yang diteliti maka hipotesis dari penelitian ini adalah:

Ho: Tidak Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

Ha: Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

Berdasarkan hipotesis diatas, maka yang ingin dicapai oleh peneliti adalah hipotesis alternative (hipotesis yang diterima) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran PAIKEM dengan hasil belajar siswa. Sedangkan hipotesis nihil (hipotesis yang ditolak) yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran PAIKEM dengan Hasil Belajar siswa

K. Metode Penelitian

1.      Pendekatan dan Jenis Penelitian

Jenis peneltian yang digunakan yaitu menggunakan eksperimen dengan cara membandingkan satu atau lebih kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan satu atau lebih kelompok pembanding yang tidak menerima perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sesuai dengan namanya banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafisran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.

2.       Populasi dan Sampel 

            Populasi merupakan kesuluruhan yang dijadikan objek penelitian. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian populasi, karena mengingat populasi cenderung pada kuantitatif individu yang tidak terlalu besar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso, diketahui bahwa jumlah siswa kelas VIII A-J yaitu dalam 1 kelas ada 40 siswa

            . Untuk memudahkan penelitian menggunakan sampel dengan persentase antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebesar 10% adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sistem acak ( random sampling), Sehingga setiap siswa mendapat kesempatan. Yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 siswa dari 10 kelas

3.      Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data

            Observasi, digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data sebagai pengamatan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

            Angket adalah sejumlah pertanyaan tertuhs yang di gunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia ketahui. Teknik ini digunakan oleh penulis untuk mendapatkan informasi tentang Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.

            Dokumentasi, Dokumentasi adalah cara pengumpulan data melalui peninggalan tertulis, seperti Arsip, tennasuk juga buku tenteng teori, pendapat, dalil atau hukum, dan Iain-lain yang beihubungan dengan masalah penelitian. Dokumentasi juga di artikan mencari data-data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, agenda, dan sebagainya.

4.      Analisis Data

1.                   Analisis Kuantitatif

Sebelum analisis hipotesis, terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap masing-masing variabel yaitu variabel pembelajaran saintifik dan variabel motivasi belajar siswa. Dalam menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan rumus:

P=  F   x 100%

N   

Keterangan:

P  = Persentasi option yang dijawab responden

F  = Frekuensi responden yang menjawab option

N  = Jumlah sampel

2.      Uji Coba Instrumen

a.                   Validitas Tes

Sebuah tes dikatakan valid apabila tes tersebut dapat mengukur apa yang hendak diukur. Untuk mengetahui validitas butir soal digunakan korelasi product moment yang digunakan oleh arikunto (dalam buku dasar-dasar evaluasi pendidikan, 2010:72) dengan rumus:[7]

ry =          n∑ XY- (∑X)(∑Y)

√{n (∑X 2)-(∑X)2} {n(∑Y 2)-(∑Y)2}

Keterangan :

rxy = Koefisien korelasi antara variabel x dan variabel y

n    = Jumlah subjek

x    = Nomor Soal

y    = Total skor

Kriteria validitas tes :

0,80< rxy ≤ 1,00 Validitas sangat tinggi (sangat baik)

0,60< rxy ≤ 0,80 Validitas tinggi (baik)

0,40< rxy ≤ 0,60 Validitas sedang (cukup)

0,20< rxy ≤ 0,40 Validitas rendah (Rendah)

b.      Uji Reliabilitas 

Untuk menguji reabilitas tes, digunakan rumus alpha yang dikemukakan oleh Arikunto (dalam buku dasar-dasar evaluasi pendidikan, 2010:109) yaitu:[8]

r11 =      n         1-   ∑St2

n – 1           St2                         

Keterangan :

r11 = koefisien reliabilitas 

n  = banyaknya butir soal

1 = bilangan konstan

∑St2 = jumlah varians butir

St2 = varians total

Keterangan Reliabilitas tes :

0,80< rxy ≤ 1,00 Reliabilitas sangat tinggi (sangat baik)

0,60< rxy ≤ 0,80 Reliabilitas tinggi (baik)

0,40< rxy ≤ 0,60 Reliabilitas sedang (cukup)

0,20< rxy ≤ 0,40 Reliabilitas rendah (rendah)


 

L. Daftar Pustaka

Amelia, Rizki dan Remiswal. 2013. Pengembangan Strategi PAIKEM  dalam Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung: PT Yrama Widya.

Hartono, Rudi. 2013.  Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid.Jogjakarta: DIVA Press.

Muhammad, Nurdin dan Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM.Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saelan, Maulwi. 2002. Spritual Pendidikan. Jakarta: Syifa Budi.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soetopo, Sungkowono. 2011.  Bahan Ajar Strategi Pembelajaran. Palembang: Universitas PGRI.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.  Bandung: Alfabeta.

Seketariat Negara RI. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun

 



[1] Maulwi Saelan, Spritual Pendidikan (Jakarta: Syifa Budi, 2002), 10.

[2] Seketariat Negara RI. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Drektorat Jenderal Pendidikan Islam, 2003), 1-2.

[3] Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016), 203

[4] Abu Ahmadi dan Joko Tripasetyo, SBM Strategi Belajar Mengajar Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK Cet II, (Bandung: Pustaka Setia, 2005), 11.

[5] Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014), 321.

[6] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015), 96.

[7]Sugiyono, Metode Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), 197.

[8] Ibid, 131.

Comments