PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP NEGERI 01 TEGALAMPEL
BONDOWOSO
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah: Metode Penelitian Kuantitatif
Dosen
Pembimbing:
Dr. H. Mundir, M.Pd
PROPOSAL
Oleh:
Shinta
Yuliantari
NIM:
T20176003
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) JEMBER
JUNI
2020
KATA
PENGANTAR
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOÏm§9$#
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. yang senantiasa melimpahkan
rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah ini
dengan baik. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi
Muhammad SAW., sebagai pembawa kabar gembira bagi umat yang bertaqwa.
Proposal
yang berjudul “Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel
Bondowoso” disusun dalam rangka guna memenuhi tugas Metode Penelitian
Kuantitatif. Dalam pembuatan proposal ini, penulis mendapatkan bantuan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima
kasih kepada:
1.
Bapak Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. selaku Rektor di IAIN
Jember.
2.
Ibu Dr. Hj. Mukniah, M.Pd.I, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan.
3.
Bapak As’ari, M.Pd.I selaku Ketua Progam Studi Tadris Bahasa Inggris.
4.
Bapak Dr. H. Mundir,
M.Pd selaku Dosen
Pembimbing Metode
Penelitian Kuanitatif.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan
proposal ini masih belum sempurna dan banyak kekurangan. Oleh karena itu,
kritik dan saran sangat penulis harapkan. Semoga proposal ini dapat bermanfaat
untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Jember, 10 Juni 2020
Penulis
DAFTAR ISI
SAMPUL
................................................................................................................
i
DAFTAR ISI.................. .......................................................................................
ii
A.
Judul Penelitian
.........................................................................................
1
B.
Latar Belakang Masalah.................................................................................
1
C.
Rumusan Masalah.........................................................................................
3
D.
Tujuan Penelitian.......... .............................................................................
3
E.
Manfat Penelitian..............
........................................................................ 3
F.
Ruang Lingkup Penelitian
1.
Variabel Penelitian ..............................................................................
5
2.
Indikator Variabel................................................................................
8
G.
Definisi
Oprasional.....................................................................................
H.
Kajian Kepustakaan..................................................................................
1.
Penelitian
Terdahulu........................................................................
2.
Kajian
Teori....................................................................................
I.
Asumsi Penelitian....................................................................................
J.
Hipotesis
K.
Metode penelitian
1.
Pendekatan dan Jenis Penelitian
....................................................... 18
2.
Populasi dan Sampel ........................................................................
19
3.
Teknik dan Instrumen Pengumpulan
Data.......................................... 19
4.
Analisis Data .....................................................................................
19
L.
Daftar Pustaka ...........................................................................................
2
BAB
I
A.
Judul Penelitian
“Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel
Bondowoso”
B.
Latar Belakang
Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia untuk
meningkatkan kualitas dirinya, baik secara personal ataupun secara kolektif.
Pendidikan adalah suatu upaya manusia untuk mememanusiakan dirinya
membedakannya dengan makhluk yang lain.[1]
Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 meneybutkan bahwa:
“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencanan untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdaan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.[2]
Strategi pembelajaran adalah salah satu cara yang akan digunakan
guru dalam proses pembelajaran. Pemilihan strategi tersebut dapat dilakukan
dengan mempertimbangkan karakteristik dari siswa. Dengan adanya strategi
pembelajaran akan mempermudah guru dalam proses pembelajaran.[3]
Strategi yang sering digunakan lebih cenderung kepada pembahasan teori sehingga
siswa merasa bosan. Jadi Strategi PAIKEM merupakan salah satu strategi yang
menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris. Pengaruh
dari strategi pembelajaran paikem siswa bisa lebih aktif sehingga bisa
menciptakan suasana belajar yang kondusif dan pembelajaran yang digunakan lebih
menarik dan menyenangkan.
Dari latar belakang masalah diatas, maka penulis tertarik untuk
melakukan penelitian dalam bentuk proposal dengan judul “Pengaruh Strategi
Pembelajaran Paikem Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa
Inggris” Kelas VIII Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.
C.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran PAIKEM Dalam Proses
Belajar Mengajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 01
Tegalampel Bondowoso?
2.
Bagaimana Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris VIII
Di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso?
3.
Apakah Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso?
D.
Tujuan Penelitian
1.
Untuk Mendeskripsikan Penerapan strategi PAIKEM dalam proses
belajar mengajar Bahasa Inggris terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 01
Tegalampel Bondowoso.
2.
Untuk Mendeskripsikan Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa
Inggris kelas VIII di SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.
3.
Untuk Mendeskripsikan Ada tidaknya Pengaruh strategi pembelajaran
PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Tegalampel
Bondowoso.
E.
Manfat Penelitian
Manfat Teoritis
·
Hasil dari penelitian ini dapat menjadi
landasan dalam pengembangan metode pembelajaran atau penerapan metode
pembelajaran secara lebih lanjut. Selain itu juga menjadi sebuah nilai tambah
khasanah pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di Indonesia.
Manfaat Praktis
1.
Bagi siswa, hasil penelitian diharapkan
dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris kelas VIII SMPN 01
Tegal Ampel Bondowoso.
2.
Bagi guru, dapat mengetahui pengaruh strategi
pembelajaran.
3.
Bagi sekolah, hasil dari penelitian strategi
pembelajaran PAIKEM, ini memberikan referensi dalam meningkatkan kualitas
pendidikan dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru.
4.
Bagi peneliti, peneliti mampu menerapkan teori Pembelajran
PAIKEM. Serta peneliti mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan metode
pembelajaran.
F.
Ruang Lingkup Penelitian.
1.
Variabel Penelitian
Metode
pembelajaran PAIKEM (X)
Hasil Belajar
(Y)
2.
Indikator Variabel
X : cara
pembelajaran, ketersediaan guru dan ruang kelas
Y : Sukmadinta
(2007:102) mengatakan hasil belajar merupakan realisai atau pemekaran dari
kecakapan- kecakapan potensial kapasitas yang dimiliki seseorang.
G. Definisi Oprasional.
Menurut Sugiyono (2016:2) metode penelitian merupakan cara ilmiah
untuk .mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam penelitian
ini penulis menggunakan pendekatan penelitian verifikatif . metode penelitian
verifikatif adalah penelitian yang
bertujuan mngetahui hubungan antar dua variabel.
H. Kajian Kepustakaan
1)
Penelitian Terdahulu
Penelitian
tentang model pembelajaran PAIKEM Gembrot sebelumnya pernah dilakukan oleh
Prasetyo mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan
Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang 2011,
dengan judul: Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran PAIKEM
Gembrot di Kelas IV SD Negeri Tanggung 1 Kota Blitar.
2)
Kajian Teori
Secara umum strategi mempunyai pengertian sebagai suatu garis besar
haluan dalam bertindak untuk mencapai sasaran. Strategi pembelajaran merupakan
suatu pola umum pembelajaran siswa yang tersusun secara sistematis.[4]
PAIKEM berasal dari konsep bahwa pembelajaran harus berpusat pada anak dan
pembelajaran harus bersifat menyenangkan dan mereka termotivasi untuk terus
belajar sendiri tanpa diperintah dan agar mereka tidak merasa terbebani atau
takut di samping upaya untuk terus memotivasi anak agar anak mengadakan
eksplorasi, kreasi, dan bereksperimen terus dalam pembelajaran.[5]
I. Asumsi Penelitian
Peneliti
ber asumsi bahwa metode paikem berkaitan
dengan hasil belajar siswa. menyenangkan karena berangkat dari minat dan
kebutuhan peserta didik. Memberikan pengalaman dan kegiatan belajar mengajar
yang relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Hasil
belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna. Mengembangkan
keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
J.
Hipotesis Penelitian
Hipotesis
dapat dinyatakan sebagai jawaban teoritis terhadap rumusan masalah penelitian,
belum tentu jawaban yang empiris.[6]
Berkenaan dengan masalah yang diteliti maka hipotesis dari penelitian ini
adalah:
Ho: Tidak Ada
Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.
Ha: Ada
Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran PAI Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.
Berdasarkan
hipotesis diatas, maka yang ingin dicapai oleh peneliti adalah hipotesis
alternative (hipotesis yang diterima) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan
antara strategi pembelajaran PAIKEM dengan hasil belajar siswa. Sedangkan
hipotesis nihil (hipotesis yang ditolak) yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan
antara strategi pembelajaran PAIKEM dengan Hasil Belajar siswa
K.
Metode Penelitian
1.
Pendekatan dan Jenis Penelitian
Jenis
peneltian yang digunakan yaitu menggunakan eksperimen dengan cara membandingkan
satu atau lebih kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan satu atau
lebih kelompok pembanding yang tidak menerima perlakuan. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sesuai dengan
namanya banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafisran
terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya.
2.
Populasi dan Sampel
Populasi
merupakan kesuluruhan yang dijadikan objek penelitian. Adapun penelitian ini
menggunakan penelitian populasi, karena mengingat populasi cenderung pada
kuantitatif individu yang tidak terlalu besar. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso, diketahui
bahwa jumlah siswa kelas VIII A-J yaitu dalam 1 kelas ada 40 siswa
.
Untuk memudahkan penelitian menggunakan sampel dengan persentase antara 10-15%
atau 20-25% atau lebih. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebesar
10% adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sistem acak ( random
sampling), Sehingga setiap siswa mendapat kesempatan. Yang sama untuk menjadi
sampel penelitian. Jumlah sampel yang diambil adalah 40 siswa dari 10 kelas
3.
Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
Observasi,
digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan data sebagai pengamatan untuk
mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel
Bondowoso.
Angket
adalah sejumlah pertanyaan tertuhs yang di gunakan untuk memperoleh informasi
dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya, atau hal-hal yang ia
ketahui. Teknik ini digunakan oleh penulis untuk mendapatkan informasi tentang
Pengaruh Strategi Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 01 Tegalampel Bondowoso.
Dokumentasi,
Dokumentasi adalah cara pengumpulan data melalui peninggalan tertulis, seperti
Arsip, tennasuk juga buku tenteng teori, pendapat, dalil atau hukum, dan
Iain-lain yang beihubungan dengan masalah penelitian. Dokumentasi juga di
artikan mencari data-data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan,
transkrip, buku, surat kabar, majalah, agenda, dan sebagainya.
4.
Analisis Data
1.
Analisis
Kuantitatif
Sebelum analisis hipotesis, terlebih
dahulu dilakukan analisis terhadap masing-masing variabel yaitu variabel
pembelajaran saintifik dan variabel motivasi belajar siswa. Dalam menganalisis
data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan
rumus:
P= F x
100%
N
Keterangan:
P = Persentasi option yang dijawab responden
F = Frekuensi responden yang menjawab option
N = Jumlah sampel
2.
Uji
Coba Instrumen
a.
Validitas
Tes
Sebuah tes dikatakan
valid apabila tes tersebut dapat mengukur apa yang hendak diukur. Untuk
mengetahui validitas butir soal digunakan korelasi product moment yang
digunakan oleh arikunto (dalam buku dasar-dasar evaluasi pendidikan,
2010:72) dengan rumus:[7]
rᵪy
= n∑ XY- (∑X)(∑Y)
√{n (∑X 2)-(∑X)2}
{n(∑Y 2)-(∑Y)2}
Keterangan :
rxy = Koefisien
korelasi antara variabel x dan variabel y
n = Jumlah subjek
x = Nomor Soal
y = Total skor
Kriteria validitas tes
:
0,80< rxy ≤ 1,00
Validitas sangat tinggi (sangat baik)
0,60< rxy ≤ 0,80
Validitas tinggi (baik)
0,40< rxy ≤ 0,60
Validitas sedang (cukup)
0,20< rxy ≤ 0,40
Validitas rendah (Rendah)
b.
Uji
Reliabilitas
Untuk menguji
reabilitas tes, digunakan rumus alpha yang dikemukakan oleh Arikunto (dalam
buku dasar-dasar evaluasi pendidikan, 2010:109) yaitu:[8]
r11
= n 1- ∑St2
n –
1 St2
Keterangan :
r11 = koefisien
reliabilitas
n = banyaknya butir soal
1 = bilangan konstan
∑St2 = jumlah
varians butir
St2 = varians
total
Keterangan Reliabilitas tes :
0,80< rxy ≤ 1,00 Reliabilitas sangat
tinggi (sangat baik)
0,60< rxy ≤ 0,80 Reliabilitas tinggi
(baik)
0,40< rxy ≤ 0,60 Reliabilitas sedang
(cukup)
0,20< rxy ≤ 0,40 Reliabilitas rendah
(rendah)
L.
Daftar Pustaka
Amelia, Rizki
dan Remiswal. 2013. Pengembangan Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Agama Islam.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Aqib, Zainal.
2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. Bandung:
PT Yrama Widya.
Hartono, Rudi.
2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah
Diterima Murid.Jogjakarta: DIVA Press.
Muhammad,
Nurdin dan Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM.Jakarta: Bumi
Aksara.
Mulyasa. 2014.
Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Ngalimun.
2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2014. Model-model
Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Saelan,
Maulwi. 2002. Spritual Pendidikan. Jakarta: Syifa Budi.
Sanjaya, Wina.
2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung:
Kencana.
Slameto. 1987.
Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soetopo,
Sungkowono. 2011. Bahan Ajar Strategi
Pembelajaran. Palembang: Universitas PGRI.
Sugiyono.
2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Seketariat
Negara RI. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun
[1] Maulwi Saelan, Spritual Pendidikan
(Jakarta: Syifa Budi, 2002), 10.
[2] Seketariat
Negara RI. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang
Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Drektorat Jenderal Pendidikan Islam,
2003), 1-2.
[3] Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran,
(Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016), 203
[4] Abu Ahmadi dan
Joko Tripasetyo, SBM Strategi Belajar Mengajar Fakultas Tarbiyah Komponen
MKDK Cet II, (Bandung: Pustaka Setia, 2005), 11.
[5] Rusman, Model-model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014),
321.
[6] Sugiyono, Metode
Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015),
96.
[7]Sugiyono, Metode
Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2013), 197.
[8] Ibid, 131.
Comments
Post a Comment