Format KKM SMP kelas 8

 

berikut adalah contoh format kkm



Shinta Yuliantari (TBI 1/T20176003)

FORMAT PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas                           : VIII (Delapan)

Semester                      : Ganjil

 

Kompetensi dasar dan Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Ketuntasan Minimal

Nilai KKM

Komplek sitas

Daya dukung

Intake

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek

 

 

 

 

 

 

 

 

pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan memberi pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya

-  Mengimplementasikan ungkapan yang digunakan untuk meminta dan memberi informasi dan larangan

-  Mencoba ungkapan meminta dan memberi informasi dan larangan

-  Membuat ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi serta larangan

   

Rendah

60

 

Sedang

70

 

Tinggi

60

   

Sedang

80

 

Sedang

75

 

Tinggi

85

   

Tinggi

85

 

Sedang

80

 

Tinggi

85

75

   

75

 

75

 

 

76

4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi serta larangan

 

 

 

 

 

 

 

 

dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

-  Melakukan tindak tutur berpamitan dalam bahasa inggris dengan percaya diri

-  Melakukan tindak tutur ungkapan sapaan dalam bahasa inggris dengan percaya diri

-  Melakukan percakapan interpersonal dengan

   

Sedang

   

Sedang

   

Sedang

74

   

menggunakan ungkapan memberi dan meminta informasi serta larangan melalui kegiatan terintegrasi menyimak, membaca, berbicara dan menulis dengan percaya diri

70

 

Sedang

75

 

Tinggi

60

80

 

Sedang

65

 

Tinggi

85

75

 

Sedang

80

 

Rendah

75

75

 

73

 

 

73

3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi

 

 

 

 

 

 

 

 

terkait memberi dan meminta informasi serta larangan, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan Keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive) 

-  Menentukan tujuan komunikatif teks memberi dan meminta informasi serta larangan

-  Mengidentifikasi struktur teks memberi dan meminta informasi serta larangan

-  Mengidentifikasi ungkapan memberi dan meminta informasi serta larangan dengan baik sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan  

 

 

  

Tinggi

85

 

Sedang

70

 

Tinggi

60

   

Sedang

75

 

Sedang

75

 

Tinggi

85

   

Sedang

70

 

Sedang

80

 

Tinggi

85

75

   

75

 

75

 

 

76

4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait memberi dan meminta informasi serta larangan, pendek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 

-  Menggunakan ungkapan yang tepat dalam struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks memberi dan meminta informasi serta larangan

-  Menggunakan ungkapan memberi dan meminta informasi serta larangan kepada orang disekitarnya dengan tepat dalam struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks dalam bentuk tulisan maupun lisan

                 

 

 

 

Sedangi

70

 

Tinggi

60

 

  

 

Sedang

75

 

Sedang

80

 

  

 

Tinggi

85

 

Sedang

80

75

 

 

 

 

77

 

 

73

 

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi

                 

 

 

 

 

 

 

 

 

terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal)

-  Menyebutkan angka cardinal 1 – 100

-  Menyebutkan nama waktu dalam hari dengan percaya diri 

-  Menggunakan ungkapan memaparkan jati diri orang disekitarnya dengan tepat dalam struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks dalam bentuk tulisan maupun lisan  

 

 

  

Sedang

75

 

Sedang

70

 

Tinggi

60

   

Sedang

80

 

Sedang

75

 

Tinggi

85

   

Sedang

70

 

Sedang

80

 

Rendah

70

74

   

75

 

74

 

 

72

4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama hari, bulan,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 

-  Melakukan tindak tutur menyebutkan nama tahun dengan percaya diri

-  Peserta didik dapat menyusun agenda harian berdasarkan waktu

                 

  

Sedang

70

 

Sedang

65

   

Tinggi

85

 

Sedang

75

   

Sedang

75

 

Sedang

80

75

   

77

 

73

 

3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi

                 

 

 

 

 

 

 

 

 

terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a dan the, plural dan singular)

- Mengidentifikasi benda-benda yang ada didalam ruangan kelas

 

                 

 

 

  

 

  

75

  

- Mengidentifikasi ruangan atau gedung yang ada di

 

 

 

 

sekolah

- Mengidentifikasi benda-benda yang ada didalam tas

Sedang

70

 

Sedang

70

 

Tinggi

60

Sedang

80

 

Sedang

75

 

Tinggi

85

Sedang

80

 

Sedang

80

 

Tinggi

85

75

 

75

 

 

76

 

4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait nama dan jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 

-  Menyebutkan jumlah benda yang ada didalam ruangan kelas

-  Menyebutkan jumlah benda yang ada di dalam tas

-  Menyebutkan benda-benda yang ada didalam bagian-bagian rumah

                 

 

   

Sedang

70

Sedang

75

Tinggi

60

    

Sedang

80

Sedang

70

Tinggi

85

    

Sedang

75

Sedang

80

Sedang

75

74

    

75

 

75

 

73

Total Indikator                                 22

Jumlah Nilai KKM Senmua Indikator

1.615

Nilai KKM Semester 1 = Jumlah Nilai KKM Semua Indikator : Total Indikator

75

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMPN 3 Jember,

 

 

 

Jember, 16 Juni 2020 Guru Mata Pelajaran,

 

 

SHINTA YULIANTARI

NIP                                                                                        NIM T20176003

 

 

Comments