berikut adalah contoh format kkm
Shinta Yuliantari (TBI
1/T20176003)
FORMAT
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Kelas : VIII (Delapan) Semester :
Ganjil |
||||
Kompetensi dasar dan Indikator |
Kriteria Ketuntasan Minimal |
|||
Kriteria
Ketuntasan Minimal |
Nilai KKM |
|||
Komplek
sitas |
Daya
dukung |
Intake
|
||
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan meminta perhatian, mengecek |
|
|
|
|
pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan memberi pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya - Mengimplementasikan
ungkapan
yang digunakan untuk meminta dan memberi informasi dan
larangan - Mencoba
ungkapan meminta dan memberi informasi dan
larangan - Membuat ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi serta larangan
|
Rendah
60
Sedang
70
Tinggi
60 |
Sedang
80
Sedang
75
Tinggi
85 |
Tinggi
85
Sedang
80
Tinggi
85 |
75
75
75
76 |
4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi serta larangan
|
|
|
|
|
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks - Melakukan tindak tutur berpamitan dalam bahasa inggris
dengan percaya diri - Melakukan tindak tutur ungkapan sapaan dalam bahasa
inggris dengan percaya diri - Melakukan percakapan interpersonal dengan |
Sedang
|
Sedang
|
Sedang
|
74
|
menggunakan ungkapan
memberi dan meminta informasi serta larangan melalui kegiatan terintegrasi
menyimak, membaca, berbicara dan menulis dengan percaya diri |
70
Sedang
75
Tinggi
60
|
80
Sedang
65
Tinggi
85
|
75
Sedang
80
Rendah
75
|
75
73
73 |
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi |
|
|
|
|
terkait memberi dan
meminta informasi serta larangan, sesuai dengan konteks
penggunaannya. {Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan
Keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive) - Menentukan
tujuan komunikatif teks memberi dan meminta informasi serta
larangan - Mengidentifikasi
struktur teks memberi dan meminta informasi serta larangan - Mengidentifikasi ungkapan memberi dan meminta informasi serta larangan
dengan baik sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan |
Tinggi
85
Sedang
70
Tinggi
60 |
Sedang
75
Sedang
75
Tinggi
85 |
Sedang
70
Sedang
80
Tinggi
85 |
75
75
75
76 |
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait memberi dan meminta informasi serta
larangan, pendek |
|
|
|
|
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks - Menggunakan ungkapan yang tepat dalam struktur teks yang
runtut dengan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks memberi dan meminta informasi serta larangan
- Menggunakan ungkapan memberi dan meminta informasi serta larangan
kepada orang disekitarnya
dengan tepat dalam struktur teks yang runtut dengan unsur kebahasaan yang
benar sesuai konteks dalam bentuk tulisan maupun lisan |
Sedangi
70
Tinggi
60
|
Sedang
75
Sedang
80
|
Tinggi
85
Sedang
80 |
75
77
73
|
|
|
|
|
|
3.3 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi |
|
|
|
|
terkait nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan kosa kata terkait angka kardinal dan ordinal) - Menyebutkan
angka cardinal 1 – 100 - Menyebutkan
nama waktu dalam hari dengan percaya diri
- Menggunakan ungkapan memaparkan jati diri orang
disekitarnya dengan tepat dalam struktur teks yang runtut dengan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks dalam bentuk tulisan maupun lisan |
Sedang
75
Sedang
70
Tinggi
60 |
Sedang
80
Sedang
75
Tinggi
85 |
Sedang
70
Sedang
80
Rendah
70 |
74
75
74
72 |
4.3 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait nama hari, bulan, |
|
|
|
|
nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal,
dan tahun, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks - Melakukan tindak tutur menyebutkan nama tahun dengan
percaya diri - Peserta didik dapat menyusun agenda harian berdasarkan
waktu |
Sedang
70
Sedang
65
|
Tinggi
85
Sedang
75 |
Sedang
75
Sedang
80 |
75
77
73
|
3.4 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi |
|
|
|
|
terkait nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari- hari, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait article a
dan the, plural dan singular) -
Mengidentifikasi benda-benda yang ada didalam ruangan kelas |
|
|
|
75
|
- Mengidentifikasi ruangan atau gedung yang ada di |
|
|
|
|
sekolah - Mengidentifikasi benda-benda yang ada didalam tas |
Sedang
70
Sedang
70
Tinggi
60 |
Sedang
80
Sedang
75
Tinggi
85 |
Sedang
80
Sedang
80
Tinggi
85 |
75
75
76 |
4.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait nama dan jumlah |
|
|
|
|
|||
binatang,
benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks - Menyebutkan jumlah benda yang ada didalam ruangan kelas - Menyebutkan
jumlah benda yang ada di dalam tas - Menyebutkan benda-benda yang ada didalam bagian-bagian
rumah |
Sedang
70
Sedang
75
Tinggi
60
|
Sedang
80
Sedang
70
Tinggi
85
|
Sedang
75
Sedang
80
Sedang
75
|
74
75
75
73
|
|||
Total Indikator 22 |
Jumlah Nilai KKM Senmua Indikator |
1.615
|
|||||
Nilai
KKM Semester 1 = Jumlah Nilai KKM Semua Indikator : Total Indikator |
75
|
||||||
|
Mengetahui, Kepala Sekolah SMPN 3 Jember, |
Jember, 16 Juni 2020 Guru Mata Pelajaran, |
|
||||
SHINTA
YULIANTARI
NIP NIM
T20176003
Comments
Post a Comment